Tuesday, July 31, 2007

Aku memang mencintai mengajar. Sejak diserahi tugas untuk membimbing anak-anak debat SMA 2 Yogya, rasanya mengajar membuatku mendapatkan adik-adik baru. Aku merasa sangat dekat dengan mereka, dan demikian pula mereka.. Ada hubungan khusus yang terbina antara kami semua, baik dengan veteran, maupun dengan semua anggota baru yang terus ada setiap tahunnya. Tadinya, kukira itu hanya karena aku tidak termasuk di dalam konteks formal kepengajaran....

Akan tetapi, hubungan itu ternyata sudah menjadi sebegitu eratnya, sehingga aku merasa sangat tidak tega untuk melepaskan mereka semua. Terbersit perasaan tidak rela untuk pergi dari mereka, dan melihat mereka diasuh oleh orang lain.

Hal yang sama ternyata terjadi juga padaku dalam PPL semester ini. Walaupun aku hanya masuk ke dalam kelas mereka selama seminggu, rasanya sudah ada perasaan keterikatan yang terbentuk antara diriku dan mereka. Gosh, I really love teaching!!!!

No comments: