Wednesday, May 09, 2007

Cengkeraman.......

Baru saja aku menyaksikan satu pasang insan manusia berlainan jenis yang bergenggaman dengan erat di dalam sebuah bilik sempit sebuah warung internet. Sang wanita tampak seolah mencengkeram bahu pasangannya, bagaikan tidak ingin terpisah, sementara sang pria tetap saja memfokuskan matanya ke arah monitor komputer, sembari sesekali mengomentari sesuatu. Mereka duduk persis di bilik depan bilikku.

Menyaksikan itu, aku sedikit miris, dengan kesendirianku selama ini. Tapi, hal lain adalah kegelian yang timbul ketika menyaksikan cengekeraman erat sang wanita. Jauh dalam hatiku, timbul kembali kenangan-kenangan akan saat-saat dimana aku mencintai seseorang, dan tidak ingin melepasnya. Akan tetapi, pada akhirnya, aku tetap harus berpisah demi kebaikan kami semua.

Tidakkah wanita itu tahu, bahwa tidak seharusnya ia menjaga dengan begitu eratnya agar si lelaki tidak pergi? Apabila si lelaki hanya bertahan karena cengkeraman wanita itu, maka tidak pernah ada sebirat ketulusan di dalam hatinya. Mungkin terlalu naif bagiku untuk mengomentari masalah ini, dengan semua ketidak berpengalamanku...... Tapi, cinta memang akan menyatukan. Dan untuk menghargai kebersamaan, kita harus selalu menyadari bahwa setiap perjumpaan pasti akan diakhiri dengan sebuah perpisahan. Lalu, tidak bisakah kita menghindari perpisahan tersebut? Tidak..... Cepat atau lambat kita pasti akan berpisah, jadi, mengapa harus mencengkeramnya dan menghindarkannya dari kebebasan dan kefleksibelan? Tanpa cengkeraman, toh cinta tetap akan menyatukannya. Ketika memang harus berpisah, relakan saja..

Mungkin terdengar sedikit basi, tapi aku tetap percaya bahwa cinta tidak harus saling memiliki. Cinta adalah menginginkan apa yang terbaik bagi orang yang kita cintai, walaupun itu kadang berarti bahwa kita harus rela melepasnya.......

1 comment:

Anonymous said...

Wow, this is a very nice posting. I couldn't agree more with you. You are absolutely right!